Penulis / NIM
SUHARTIN ENTE / 111412016
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Abstrak
ABSTRAK
Suhartin Ente. 2014. Meminimalkan Kejenuhan Belajar Matematika Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Pada Siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 1 Tapa. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hi. Sarson Pomalato, M.Pd. dan pembimbing II Dr. Rustam I. Husain, S.Ag.,M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah bimbingan kelompok teknik diskusi dapat digunakan untuk meminimalkan kejenuhan belajar matematika pada siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1 Tapa?. Tujuan penelitian adalah untuk meminimalkan kejenuhan belajar matematika melalui bimbingan kelompok teknik diskusi pada siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1 Tapa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan teknik analisis data presentase.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa pada tindakan kelas siklus I siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1 Tapa yang merasa jenuh belajar matematika dapat diminimalkan menjadi 7 orang siswa (30.5%) dan yang tidak jenuh berjumlah 16 orang siswa (69.5%). Pada tindakan kelas siklus II terdapat 22 orang siswa (96%) yang tidak jenuh mengikuti pelajaran matematika dan masih terdapat 1 orang siswa (4%) yang masih mengalami rasa jenuh mengikuti pelajaran matematika.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik diskusi dapat digunakan untuk meminimalkan kejenuhan belajar matematika pada siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1 Tapa.
Kata Kunci: Kejenuhan Belajar, Matematika, Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi
Download berkas