Penulis / NIM
NURLINDA A. TIMUMUN / 111412027
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
Nurlinda A. Timumun. 2017. âPengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Game Terhadap Interaksi Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Gorontalo, Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd, dan Pembimbing II Meiske Puluhulawa, S.Pd M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya interaksi sosial siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik game terhadap interaksi sosial siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kota Gorontalo melalui eksperimen.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain â one group pre-test and post-test designâ. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X bimbingan kelompok teknik game dan variabel Y interaksi sosial siswa. Anggota subjek peneliti dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kota Gorontalo. Sedangkan yang menjadi anggota subjek peneliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 15 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah secara purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah test (angket). Angket yang disebarkan sebanyak dua kali yakni sebelum pemberian treatment dan sesudah pemberian treatment. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dan diuji hipotesis menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan dari tabel distribusi t untuk = 0.05 dan dk n1 + n2 â" 2 = 28 diperoleh t-tabel = 2,368 dan t-hitung = -9, 898. Ternyata harga t-hitung memperoleh harga lain atau telah berada di luar daerah penerimaan H0. Ini berarti H0 ditolak dan menerima H1 yang menyatakan bahwa ada perbedaan skor interaksi social siswa antara pre-test dan post-test. Kesimpulan ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik game terhadap Interaksi sosial siswa kelas VII SMP Negeri 12 Gorontalo. Dalam hal ini bimbingan kelompok teknik game sangat tepat dilaksanakan untuk meningkatkan interaksi sosial siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kota Gorontalo.
Kata kunci : Bimbingan kelompok, Teknik Game, Interaksi Sosial
Download berkas