Penulis / NIM
JULFIKAR HARUN / 111412048
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
Julfikar Harun. 2017. Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan bimbingan dan konseling, Fakultas ilmu pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rena Madina, M.Pd dan Pembimbing II Meiske Puluhulawa, S.Pd, MPd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh gejala yang terjadi di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo yakni tentang rendahnya percaya diri siswa kelas VIII, yang ditandai oleh: merasa diri lebih rendah, mudah menyerah, takut untuk berpendapat, terbata-bata saat berpendapat, dan ragu-ragu dalam mengambil keputusan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap rasa percaya diri siswa.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian..."one group pre-test and post-test design. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu Variabel X (Bimbingan Kelompok) dan variabel Y ( Percaya Diri) siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo. Penelitian ini diberikan 8 kali treatmen pada 15 orang siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Yaitu teknik sampel dengan pertimbngan tertentu. Teknik pengumpulan data berupa teknik angket tentang variabel Y (Percaya Diri).
Uji hipotesis menggunakan uji t yang menghasilkan harga thitung = -28,44, sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf 5% diperoleh t0,975 (28)=2,05 artinya thitung > tdaftar . Dengan demikian hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh bimbingan kelompok terhadap rasa percaya diri siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Gorontalo dapat diterima.
Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Percaya Diri
Download berkas