Penulis / NIM
WAHYUNI USMAN / 111412050
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
SALIM KOROMPOT, S.Pd, M.Pd / 0011117706
Abstrak
ABSTRAK
Wahyuni Usman.2017. Deskripsi Kondisi Lingkungan Belajar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Rena L. Madina, M. Pd dan Pembimbing II Salim Korompot, S.Pd, M.pd.
Permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah menggambarkan kondisi lingkungan belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo. Ditandai dengan adanya siswa yang merasa sulit untuk memahami materi pelajaran merasa malas untuk mengerjakan tugas- tugas, merasa kurang betah belajar karena sikap guru mengajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kondisi lingkungan belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo.
Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, untuk menggambarkan kondisi lingkungan belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo. Anggota populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 400 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalah secara random sampling sehingga mendapatkan 60 orang (15%) siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan analisis data presentase guru 63,35%, media 52,71%, kondisi gedung sekolah 58,89%, kurikulum 81,67%. Maka kondisi lingkungan belajar pada siswa memperoleh persentase yang cukup tinggi yakni 64,65%. Demikian dapat disimpulkan kondisi lingkungan belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo dikategorikan cukup baik.
Kata kunci : Kondisi lingkungan belajar
Download berkas