Penulis / NIM
YULNENI ADAM / 111412053
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
ABSTRAK
Yulneni Adam, 2017. Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas II SMK Negeri 2 Gorontalo. Skripsi. Jurusan bimbingan dan konseling. Fakultas ilmu pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd. dan Pembimbing II Murhima A. Kau,S.Psi, M.Si,Psi.
Permasalahan yang dihadapi siswa SMK Negeri 2 Gorontalo adalah rendahnya aktivitas belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan klasikal terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI SMK Negeri 2 Gorontalo.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan "one group pre-test and post-test design". Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu Variabel X (Bimbingan Klasikal) dan variabel Y ( Aktivitas belajar). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 99 orang yang terbagi dalam 3 kelas yaitu Tata Busana 1sejumlah 34 orang, Tata Busana 2 sejumlah 29 orang, Perhotelan sejumlah 36 orang. Sampel 15 orang (mengunakan batas sampel minimal penelitian eksprimen).Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Angket yang disebarkan sebanyak dua kali yakni sebelum pemberian treatment dan sesudah pemberian treatment. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dan diuji hipotesis menggunakan Uji t.
Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 4,546, sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf 5% diperoleh ttabel = t0,975 (28)=2,05 artinya thitung > tdaftar . Dengan demikian hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh layanan bimbingan klasikal terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI SMK Negeri 2 Gorontalo," dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, hendaknya digunakan layanan bimbingan klasikal.
Kata kunci: Bimbingan Klasikal, Aktivitas Belajar
Download berkas