Penulis / NIM
AMISETIANI UMAR / 111412055
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
SALIM KOROMPOT, S.Pd, M.Pd / 0011117706
Abstrak
ABSTRAK
Amisetiani Umar. 2016. "Deskripsi Faktor Penyebab Siswa Termotivasi pada Game Online di SMP Negeri 1 Kabila Kab. Bone Bolango". Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II Salim Korompot, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bermain game online ketika ada tugas dari guru, bermain game online ketika guru tidak masuk kelas, bolos sekolah untuk bermain game online, nilai mata pelajaran menjadi rendah, malas pergi ke sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa termotivasi pada game online.
Penelitian ini adalah penelitian analisis kuantitatif yaitu analisis faktor penyebab siswa termotivasi pada game online di SMP Negeri 1 Kabila Kab. Bone Bolango. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Kabila Kab. Bone Bolango yang berjumlah 790 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data secara random sampling dan menggunakan instrumen angket. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang diambil 79 siswa dari 794 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan analisis persentase menunjukkan bahwa lima indikator yaitu kurang perhatian dari orang-orang terdekat (54,18%), stress atau depresi (56,01%), kurang kegiatan (53,27%), lingkungan (53,91%), dan pola asuh (55,6%). Hal ini menunjukan bahwa faktor dominan yang menjadi tingginya siswa termotivasi pada game online adalah stress atau depresi dengan persentase 56,01% sedangkan yang paling rendah adalah faktor kurang kegiatan sebesar 53,27%.
Kata kunci: Motivasi, Game Online
Download berkas