Penulis / NIM
AKRAM OKA / 111412069
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL KADIR HUSAIN, M.Pd, Kons / 0016115606
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK
Akram Oka . 2016. Studi Komparatif Stres Pada Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Dengan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Abd. Kadir Husain, M.Pd. Kons dan Pembimbing II Irpan Kasan, S.Ag,M.Pd.
Permasalahan yang dihadapi mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling dengan mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar yaitu adanya mahasiswa yang mengalami masalah terkait dengan stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan stres pada mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling dengan mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini adalah komparatif kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari satu variabel yaitu variabel (stres). Pada penelitian ini yang menjadi anggota populasi adalah keseluruhan angkatan mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling semester 1,3 dan 5 dengan jumalah keseluruhan sebanyak 241 orang. Untuk Mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar keselurahan angkatan semester 1, 3 dan 5 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 741 orang. Dari keseluruhan populasi yang diambil menjadi sampel adalah 120 mahasiswa.
Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode skala yaitu menggunakan kuesioner yang berisi instrument pernyataan untuk mengukur variabel dalam penelitian. Skala stres yang digunakan dalam penelitian ini merupakan skala yang dirancang sendiri oleh penulis berdasarkan teori dari indiktor stres menghadapi tugas-tugas kuliah, stres ketika kekurangan finansial, stres ketika mengalami perubahan, reaksi psikis dan fisik terhadap stres, stres berkaitan dengan keluarga dan stres berkaiutan dengan hubungan sosial.
Dengan demikian dapat disimpulkan dari hasil penelitian menunjukan hasil uji t dengan beberapa aspek hasilnya menunjukan koefisien t sebesar -3,957 dengan taraf signifikan sebesar 0,457 (p
Download berkas