SKRIPSI

Penulis / NIM
SURYAWAN AL BASYA / 111412073
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK Suryawan Al Basya. 2017. Hubungan Antara Pemanfaatan Media Sosial dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Wenny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II Irpan Kasan S.Ag, M.Pd. Permasalahan yang dihadapi di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo adalah, adanya siswa yang mengalami masalah Kurangnya Motivasi Belajar. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Pemanfaatan Media Sosial dengan Motivasi Belajar. Penelitian ini adalah korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket. Sedngkan teknik analisis data dilakukan dengan dengan analisis korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang berarti anatara media sosial dengan motivasi belajar siswa SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Hasil penelitian dapat disimpulkan bawha terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan media sosial dengan motivasi belajar pada siswa yang ditunjukan dengan koefisien korelasi yang diperoleh sebesar r = 0,74 dengan persentase sebesar 54, 76%. Hal ini berati bahwa Ho ditolak dan dapat menerima H1. Dengan demikian semakin baik siswa memanfaatkan media sosial, maka motivasi belajar siswa semakin meningkat. Terkait temuan tersebut maka disarankan beberapa hal sebagai berikut : 1) Dalam proses pemanfaatan media sosial guru Bimbingan dan Konseling sebaiknya mengawasi dan mengarahkan siswa dalam memanfaatkan media sosial, 2) Selain media sosial faktor lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa juga perlu diperhatikan oleh guru Bimbingan dan Konseling, 3) Penelitian ini diharapkan menjadi referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya yang lebih khusus mengenai hubungan media sosial dengan motivasi belajar untuk dapat melihat jenis media sosial mana yang lebih berpengaruh pada peningkatan motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Media Sosial, Motivasi Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011