Penulis / NIM
PEBRIYANTI K. LAHATI / 111412079
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
Pebriyanti K. Lahati. 2016. "Deskripsi Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo". Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Wenny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II Meiske Puluhulawa, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dihadapi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo adalah kesulitan belajar, yang disebabkan oleh adanya faktor intern dan ekstern sehingga akibatnya terdapat 43% dari 59 orang siswa memperoleh nilai yang rendah pada mata pelajaran tertentu atau seluruh mata pelajaran, lambat dalam mengerjakan tugas-tugas kegiatan belajarnya, perlu penjelasan berulang-ulang pada saat mengikuti pelajaran, dan tidak mudah paham terhadap apa yang diajarkan oleh guru, sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yaitu menganalisis faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Anggota populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 59 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah secara proposive sampling. Teknik untuk pengumpulan data yang digunakan adalah instrument angket.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan analisis presentase bahwa faktor intern memperoleh hasil presentase 80.14% dengan deskriptor yang bersifat kognitif (ranah cipta) rendahnya kapasitas intelektual/inteligensi siswa, yang bersifat efektif (ranah rasa) labilnya emosi dan sikap, dan yang bersifat psikomotor (ranah karsa) terganggunya alat-alat indera penglihat dan pendengar (mata dan telinga). Sedangkan faktor ekstern memperoleh data presentase 84.79% dengan deskriptor lingkungan keluarga, ketidakharmonisan hubungan antara ayah dengan ibu, dan rendahnya kehidupan ekonomi keluarga, Lingkungan perkampungan/masyarakat, wilayah perkampungan kumuh (slum area), dan teman permainan (peer group) yang nakal, dan lingkungan sekolah, kondisi dan letak gedung sekolah yang buruk seperti dekat pasar, kondisi guru dan alat-alat belajar yang berkualitas rendah. Hal ini menunjukan bahwa penyebab kesulitan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo lebih didominasi oleh faktor ekstern. Penelitian ini disarankan untuk lebih memperhatikan kesulitan belajar siswa dan untuk siswa itu sendiri lebih meningkatkan hasil belajarnya agar dapat membantu mengatasi penyebab kesulitan belajarnya, sehingga penelitian ini diharapkan menjadi bahan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajarnya serta dapat memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar Siswa
Download berkas