SKRIPSI

Penulis / NIM
FARID KIKI AFRIANSAH / 111412082
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstrak
Farid Kiki Afriansah. 2017. Hubungan Antara Disiplin Belajar Siswa dengan Layanan Bimbingan Belajar Kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Tuti Wantu,M.Pd, Kons dan Pembimbing II Dra. Mardia Bin Smith S.Pd, M,Si Peneltian bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Disiplin Belajar Siswa dengan Layanan Bimbingan Belajar Kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Dengan anggota populasi yang berjumlah 212 orang, sedangkan anggota sampel sebanyak 32 siswa (15% dari 212 orang). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korasional, yaitu metode yang terdiri dari dua variabel yaaitu variabel X (bimbingan belajar).dan Y (disiplin belajar). Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, yang terdiri dari 58 item pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang berarti anatara disiplin belajar siswa dengan bimbingan belajar di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan layanan bimbingan belajar pada siswa yang ditunjukan dengan koefisien korelasi yang diperoleh sebesar r = 0,72 sedangkan koefisien determinasinya (r2) adalah 0.5184, yang berarti hubungan yang ditimbulkan oleh layanan bimbingan belajar dengan disiplin belajar siswa dengan persentase sebesar 51.84%. Hal ini berati bahwa Ho ditolak dan dapat menerima H1. Dengan demikian semakin baik siswa mendapatkan layanan bimbingan belajar, maka disiplin belajar siswa semakin meningkat. Terkait temuan tersebut maka disarankan beberapa hal sebagai berikut : 1) Dalam proses layanan bimbingan belajar guru Bimbingan dan Konseling sebaiknya mengawasi dan mengarahkan siswa bahwa disiplin itu sangat diperlukan, 2) Selain bimbingan belajar faktor lain yang dapat mempengaruhi disiplin belajar siswa juga perlu diperhatikan oleh guru mata pelajaran, 3) Penelitian ini diharapkan menjadi referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya yang lebih khusus mengenai hubungan disiplin belajar dengan layanan bimbingan belajar untuk dapat melihat jenis layanan bimbingan mana yang lebih berpengaruh pada peningkatan disiplin belajar siswa. Kata Kunci :, Disiplin Belajar Siswa, Bimbingan Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011