Penulis / NIM
IRWAN / 111412086
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK
Irwan. 2017. "Pengaruh Bimbingan Klasikal terhadap Harga Diri Siswa SMP Negeri 2 Gorontalo, Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Maryam Rahim, M.Pd, dan Pembimbing II Irvan Usman, S.Psi M.Si
Permasalahan yang dihadapi oleh siswa di SMP Negeri 2 Gorontalo adalah rendahnya tingkat harga diri siswa . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan klasikal dengan menggunakan teknik diskusi terhadap harga diri siswa SMP Negeri 2 Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain one group pre-test and post-test design. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (bimbingan klasikal) dan variabel Y (harga diri) siswa. Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Gorontalo. Anggota sampel adalah siswa SMP Negeri 2 Gorontalo kelas VII dengan jumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah test (angket). Angket yang disebarkan sebanyak dua kali yakni sebelum pemberian treatment dan sesudah pemberian treatment. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dan diuji menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan dari tabel distribusi t untuk = 0.05 dan dk n1 + n2 " 2 = 58 diperoleh t-tabel = ( 0,05 30 + 30 " 2) = (0.025 ; 58) = 2,001 dan t-hitung = -7,288. karena 7,288 > 2,001 atau t-hitung> t-tabel maka H0 ditolak. Ini berarti menerima H1 yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan pelaksanaan layanan bimbingan klasikal terhadap harga diri siswa SMP Negeri 2 Gorontalo, sebelum pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dengan Harga Diri siswa SMP Negeri 2 Gorontalo. Dengan demikian, bimbingan klasikal dapat diterapkan untuk meningkatkan harga diri siswa SMP.
Kata kunci : Bimbingan klasikal, Harga Diri Siswa.
Download berkas