Penulis / NIM
STENDI RAMBI / 111412088
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
Stendi Rambi. 2017. ..."Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Bibliokonseling Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Maryam Rahim, M.pd dan Pembimbing II Meiske Puluhulawa M.pd.
Permasalahan yang dihadapi oleh siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo adalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik bibliokonseling terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gorontalo melalui eksperimen.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain one group pre-test and post-test design. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X bimbingan kelompok teknik bibliokonseling dan variabel Y aktivitas belajar siswa. Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. sedangkan yang menjadi anggota subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 15 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah secara purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah test (angket). Angket yang disebarkan sebanyak dua kali yakni sebelum pemberian treatment dan sesudah pemberian treatment. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dan diuji hipotesis menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan dari tabel distribusi t untuk = 0.05 dan dk n1 + n2 " 2 = 28 diperoleh t-tabel = (0.05:2 ; 15 + 15 " 2) = (0.025 ; 28) = 2,368 dan t-hitung = -11,930. Ternyata 11,930 > 2,368 atau t-hitung> t-tabel maka H0 ditolak. Ini berarti menerima H1 yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik bibliokonseling terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo dapat diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa bimbingan kelompok teknik bibliokonseling sangat tepat dilaksanakan guna meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 kota Gorontalo
Kata kunci : Bimbingan kelompok, teknik bibliokonseling, aktivitas belajar
Download berkas