Penulis / NIM
CICA CAHYANI BUNGA / 111412102
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK
Cica Cahyani Bunga. 2016. ''Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Cinema Therapy Terhadap Motivasi belajar dalam Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Gorontalo Kota Gorontalo''. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Maryam Rahim, M.Pd dan Pembimbing II Irpan Kasan, S.Ag, M.Pd.
Permasalahan yang dihadapi siswa SMP Negeri 2 Gorontalo khususnya siswa kelas VIII adalah adanya siswa yang memiliki motivasi belajar rendah pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik cinema therapy terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo Kota Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain penelitian "group prettest-posttest design". Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (bimbingan kelompok teknik cinema therapy) dan variabel Y (motivasi belajar siswa). Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo, dengan anggota sampel 15 orang (menggunakan purposive sampling atau pengambilan sampel yang didasarkan atas pertimbangan-pertimbangan tertentu dari peneliti). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah test (angket) yang digunakan untuk Pre-Test dan Post-Test. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t.
Dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung sebesar -3,538, sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t0,975 (28)=2,05. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh bimbingan kelompok teknik cinema therapy terhadap motivasi belajar dalam mata pelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo, dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui bimbingan kelompok teknik cinema therapy motivasi belajar dalam mata pelajaran siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo meningkat.
Kata Kunci : Bimbingan kelompok, Teknik cinema therapy, motivasi belajar dalam mata pelajaran matematika siswa
Download berkas