Penulis / NIM
WISNO / 111412103
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
Wisno 2017. Deskripsi Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Tuti Wantu, M.Pd, Kons dan Pembimbing II Meiske Puluhulawa, S.Pd, M.Pd
Permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango khususnya di kelas XI yang berjumlah 450 siswa. Dari 450 siswa di ambil 15% atau 50 siswa yang dijadikan sumber data dalam penelitian. Dalam penelitian ini hanya ada satu variabel yang dijadikan penelitian yaitu kecerdasan emosional siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data yaitu menggunakan intrument dan analisis persentase
Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa yang tertinggi pertama adalah memotivasi diri sendiri dengan persentase 65,33% dalam kategori baik, hal ini menunjukkan bahwa siswa dapat memotivasi diri sendiri, indikator tertinggi kedua mampu mengenali emosi diri dengan persentase 61,50% dalam kategori baik, hal ini menunjukkan bahwa siswa mampu mengenali emosi diri, indikator tertinggi ketiga mampu mengenali emosi orang lain dengan persentase 57,78% dalam kategori baik, hal ini dapat dilihat bahwa siswa mampu mengenali emosi orang lain, indikator tertinggi keempat mengolah emosi dengan persentase 44,67% dalam kategori cukup baik, hal ini menunjukkan bahwa siswa mampu mengolah emosi, indikator tertinggi kelima menbina hubungan dengan persentase 42% dalam cukup baik, hal ini menunjukkan bahwa siswa mampu menbina hubungan. Hal ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, bukanlah megenai emosiolitas, melainkan mengenai keselarasan antara emosi dan cara mengekspresikan. Jadi emosi dapat dilihat dari bagaimana individu dapat mengekspresikan emosinya dengan baik dengan tidak berlebihan.
Kata kunci : kecerdasan emosional
Download berkas