Penulis / NIM
FERAWATY IBRAHIM / 111412105
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK
Ferawaty Ibrahim. 2016. "Deskripsi Mutu Kegiatan Belajar Siswa kelas IX di SMP Negeri 3 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dra. Rena Madina M.Pd selaku pembimbing I dan Irvan Usman S.Psi,M.Si selaku pembimbing II.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah menggambarkan mutu kegiatan belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 3 Kota Gorontalo. Ditandai dengan adanya permasalahan yang sering yang dihadapi oleh siswa diantaranya siswa tidak mengatur jadwal pelajaran sehingga mereka membawa semua buku mata pelajaran di dalam tas, sering bolos sekolah, sering keluar kelas pada saat jam mata pelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana mutu kegiatan belajar siswa kelas IX SMP Negeri 3 Gorontalo.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, untuk menggambarkan mutu kegiatan belajar siswa kelas IX SMP Negeri 3 Kota Gorontalo. Anggota populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 120 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah secara acak (random sampling) sehingga mendapatkan 30 orang siswa (25%). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan analisis data persentase orientasi pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik 66.66%, pengembangan motivasi 49%, pengembangan keterampilan belajar 54.37%, pengajaran perbaikan atau remedial 49.98%, program pengayaan 74.98%. Maka dapat disimpulkan bahwa mutu kegiatan belajar siswa memperoleh persentase yakni 58.99%. Dengan demikian dapat disimpulkan mutu kegiatan belajar siswa kelas IX SMP Negeri 3 Kota Gorontalo dikategorikan cukup baik.
Kata Kunci: Mutu Kegiatan Belajar Siswa
Download berkas