SKRIPSI

Penulis / NIM
FRANGKI I. NUSI / 111412112
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
SALIM KOROMPOT, S.Pd, M.Pd / 0011117706
Abstrak
ABSTRAK FRANGKI I. NUSI. 2017. Deskripsi Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Gorontalo. Skripsi jurusan bimbingan dan konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Rena L. Madina, M.Pd dan Pembimbing II Salim Korompot, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang dihadapi siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Gorontalo adalah rendahnya aktivitas belajar yang ditandai dengan kurangnya minat siswa dalam mengikuti pelajaran, tidak mengerjakan tugas dari guru, tidak mencatat materi pelajaran, kurangnya partisipasi siswa di dalam kelas, rendahnya interaksi siswa di dalam kelompok belajar serta Rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah deskripsi kuantitatif yaitu mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Gorontalo. Anggota populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII yang berjumlah 128 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah secara rendom sampling sehingga mendapatkan 32 orang (25%) siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrument angket Berdasarkan penelitian yang digunakan dengan analisis data persentase bahwa deskripsi aktivitas belajar siswa, yakni aktivitas mendengarkan dengan hasil data persentase indikator 57,49%, memandang dengan data persentase indikator 56,26%, menulis atau mencatat dengan hasil data pesentase indikator 40,61%, membaca dengan hasil persentase indikator 53,11% membuat ikhtisar atau ringkasan dengan hasil persentase indikator 47,91%, mengamati tabel-tabel, diagram-diagram dan bagan-bagan dengan hasil persentase indikator 39,91%, menyusun paper atau kertas kerja dengan hasil persentase indikator 58,47%, latihan atau praktek 54,68%. Hasil penelitian ini menujukkan bahawa aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Gorontalo rata-rata berada dalam klasifikasi 40-55% atau dalam kategori kurang baik sesuai dengan hasil persentase indikator. Kata kunci : Deskripsi Aktivitas Belajar siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011