Penulis / NIM
FINI AFRIANI GUSASI / 111412121
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
ABSTRAK
Fini Afriani Gusasi.111 412 121.2017. Deskripsi Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Sosial Dalam Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Siswa Di SMP Negeri 3 Kota Gorontalo. Program S1 Bimbingan dan Konseling, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Gorontalo, Dosen Pembimbing Ibu Dra.Hj. Maryam Rahim M.Pd, selaku pembimbing I bersama ibu Murhima A. Kau, S.Psi, M.Si, Psikolog selaku pembimbing II.
Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling sosial dalam meningkatkan perilaku sopan santun siswa di Sekolah SMP Negeri 3 Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan perilaku sopan santun siswa di SMP Negeri 3 Kota Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data adalah 4 orang tenaga pendidik meliputi 1 orang bidang kesiswaan, 3 orang guru bimbingan dan konseling, serta 3 orang siswa.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data dan kemudian di verifikasi. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: (a) Guru bimbingan dan konseling dalam mengidentifikasi perilaku sopan santun siswa melalui: Berdiri digerbang sekolah untuk menyambut siswa dan juga melihat cara berpakaian siswa yang rapih dan sopan, mengamati cara berbicara siswa baik itu dengan guru maupun teman sebaya.(b) Kegiatan guru bimbingan dan konseling berupa home visit, bekerja sama dengan bidang kesiswaan dalam melakukan kegiatan-kegiatan berupa tilawah, dzikir, dan ceramah. (c) Jenis layanan yang digunakan oleh guru bimbingan dan konseling adalah bimbingan kelompok dan konseling individual. (d) Materi layanan terhadap cara-cara berpakaian yang rapi dan sopan, tips-tips saling menghargai antar sesama.(e) Media dan alat yang digunakan berupa video, laptop, LCD, hand out, leaflet, dan brosur pada siswa.(f) Evaluasi program dalam meningkatkan perilaku sopan santun siswa dilakukan melalui pengecekan langsung di kelas-kelas, wawancara dan rapat bersama staf.
Kata Kunci : Bimbingan dan Konseling Sosial, Perilaku Sopan Santun, Siswa.
Download berkas