Penulis / NIM
SAIRA UDIN RAHMAN / 111412122
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
A B S T R A K
Saira Udin Rahman. NIM. 111 412 122. "Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Modeling di TK Huyula Tabumela Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo". Skripsi. Program S1 Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Pembimbing I: Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd, Kons, Pembimbing II: Irfan Usman, S.Psi, M.Si.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: "Apakah teknik modeling dapat meningkatkan kreativitas anak di TK Huyula Tabumela Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak melalui teknik modeling.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, yang dianalisa melalui analisa persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang diawali dengan observasi awal terhadap subjek penelitian. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, anak yang memperoleh kriteria mampu pada peningkatan kreativitas berjumlah 8 orang (57%), kriteria kurang mampu 2 orang (14%), dan kriteria tidak mampu 4 orang (29%) dari jumlah anak 14 orang. Selanjutnya pada siklus II diperoleh anak yang berada pada kriteria mampu 12 orang (85%), kurang mampu 2 orang (15%) serta kriteria tidak mampu 0%. Dengan demikian, hipotesis tindakan yang berbunyi: "Jika guru menggunakan teknik modeling pada pembelajaran di TK, maka kreativitas anak di TK Huyula Tabumela Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo, akan meningkat, dapat diterima".
Kata kunci: Kreativitas, Teknik Modeling
Download berkas