Penulis / NIM
INDRA I. PONGOLIU / 111413003
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
SALIM KOROMPOT, S.Pd, M.Pd / 0011117706
Abstrak
ABSTRAK
INDRA I. PONGOLIU. âPengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Game Terhadap Perilaku Empati Siswa Di SMA Negeri 1 Biluhu Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontaloâ Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dra. Tuti Wantu, M.Pd, Kons selaku pembimbing I dan Salim Korompot, M.Pd, selaku pembimbing II.
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah rendahnya perilaku empati siswa di SMA Negeri 1 Biluhu Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo dengan menggunakan bimbingan kelompok teknik Game. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, pengaruh bimbingan kelompok terhadap perilaku empati siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Biluhu Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 360 orang siswa. Anggota sampel sebanyak 15 orang siswa yang di tetapkan teknik purpose sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen angket sebagai teknik utama. Analisis dilakukan dengan teknik uji t.
Berdasarkan analisis data diperoleh harga t sebesar 33,13, sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t0,975 (28)=2,05. Ternyata harga t-hitung (33,13)> t-daftar (2,05) atau thitung berada di luar daerah penerimaan H0, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik Game terhadap perilaku empati siswa di SMA Negeri 1 Biluhu Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo. Disarankan guru bimbingan konseling menerapkan bimbingan kelompok dalam menangani masalah yang terkait dengan perilaku empati.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Game, Empati
Download berkas