Penulis / NIM
CINRAWATI NUWA / 111413012
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK
Cindrawati Nuwa.2017. Pengaruh Konseling Kelompok Behavioral Terhadap Sikap Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dra.Hj Maryam Rahim, M.Pd selaku pembimbing 1 dan Irvan Usman, S.Psi, M.Si Usman S.Psi, M.Si pembimbing II.
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah apakah terdapat pegaruh terhadap konseling kelompok behavioral terhadap siswa dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, pengaruh konseling kelompok behavioral terhadap sikap siswa dalam pembelajaran matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 175 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah secara purpose samplingyang dijadikan anggota sampel sebanyak8orang siswa. Teknik untuk pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Analisis data yang didapatkan dari uji hipotesis yang diperoleh harga t sebesar 4.294. Sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 0,10 % diperoleh t(0,95) (8)=1,86, ternyata harga t-hitung(4.294)> t-daftar(1,86), atau thitung berada diluar daerah penerimaan H0,sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1 dengan demikian dapat disimpulkan koefisien data eksperimen pretestsebelum melakukan treatmen danPosttes sesudah melakukan treatmen, yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh pelaksanaan layanan konseling kelompok behavioral terhadap sikap siswa dalam pembelajan matematika pada siswa kelas VIII di Smp Negeri 1 Limboto Kab.Gorontalo.Hal ini menunjukakan bahwa sikap siswa terhadap pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Limboto, Kabupaten Gorontalo,dapat dimanimalisir sikap negatif terhadap pembelajaran matematika setelah diberikan 8 kali treatmen, artinya maka penelitian ini memiliki pengaruh konseling kelompok behavioral terhadap sikap siswa dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Limboto,Kabupaten Gorontalo.Penelitian ini disarankan untuk lebih memperhatikan sikap siswa dan untuk siswa itu sendiri lebih baik memperbaiki lagi dalam mengikuti pembelajaran matematika, sehingga penelitian diharapkan menjadi pedoman atau acuan untuk lebih memperhatikan sikap siswa.
Kata Kunci: Konseling Kelompok, Sikap Siswa , Pembelajaran Matematika
Download berkas