Penulis / NIM
NADILLA MA'RUF / 111413021
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL KADIR HUSAIN, M.Pd, Kons / 0016115606
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
Nadilla Ma'ruf. 2017. "Keefektifan Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X SMA Negeri I Kabila Kabupaten Bonebolango.Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. Abd. Kadir Husain, M.Pd Kons dan pembimbing II Ibu Meiske Puluhulawa, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah keefektifan layanan konseling kelompok dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas X SMA Negeri I Kabila Kabupaten Bonebolango. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, gambaran umum kecerdasan emosional siswa dan keefektifan layanan konseling kelompok dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas X SMA Negeri I Kabila Kabupaten Bonebolango.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang terdiri dari dua variabel yaitu : variabel X (Konseling Kelompok) dan variabel Y (Kecerdasan Emosional). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bonebolango yang berjumlah 356 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah secara purposive sampling yang dijadikan anggota sampel sebanyak 15% atau 50 siswa dan dari anggota sampel didapati 8 siswa ditetapkan sebagai subjek peneitian. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang berfungsi sebagai pre-test dan post-test.
Berdasarkan hasil analisis perbedaan skor rata-rata (T-test) diperoleh harga thitung sebesar " 17.092, sedang dari daftar distribusi t pada taraf nyata 10% diperoleh ttabel= 1.86. Ternyata harga thitung berada di luar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan menerima H1, yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan antara skor rata-rata hasil pre-test dan post-test, dalam hal ini skor rata-rata post-test lebih tinggi dibanding dengan skor rata-rata pre-test. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosional pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bonebolango.
Kata kunci : Konseling Kelompok, Kecerdasan Emosional
Download berkas