Penulis / NIM
MOHAMAD GOBEL / 111413026
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad Gobel. 2018. Hubungan Prestasi Belajar dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Rena L. Madina, M. Pd, dan Pembimbing II Meiske Puluhulawa S.Pd, M.Pd
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar belajar siswa kelas X. IPS SMA Negri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan Prestasi Belajar dengan Disiplin belajar siswa kelas X. IPS SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (prestasi belajar) dan variabel Y (disiplin belajar).
Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasional dengan mengunakan korelasi product moment. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah kurang dari 100, maka sampel dalam penelitian ini diambil dari seluruh populasi (76 siswa), karena populasi penelitian ini kurang dari 100 orang.
Hipotesis penelitian yaitu" Terdapat hubungan antara Prestasi Belajar (Y) dengan Disiplin Belajar Siswa (X) kelas X. IPS SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango". Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi sebesar = 0,584. Dari hasil ini menunjukkan korelasi yang cukup kuat. Koefisien determinasinya adalah 0,341. Ini artinya ada sekitar 34,1% variasi yang terjadi pada variabel X dapat di jelaskan oleh vaiabel Y dan sisanya sebesar 65,9% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. dengan persamaan regresi yaitu ... = -27,575 + 2,118 X.
Hasil perhitungan keberartian regresi sebagai mana di peroleh F hitung = 38,294 sedangkan F daftar (0.95)(1,74) = 1,791. Karena F hitung lebih besar dari F tabel (38,294 3,970), maka Ho ditolak dan diterima Ha. Sehingga dapat di simpulkan bahwa prestasi belajar dengan disiplin belajar memiliki hubungan/korelasi yang signifikan.
Kata kunci: Prestasi Belajar, Disiplin Belajar
Download berkas