Penulis / NIM
WAHYUNI I. LAMAKA / 111413030
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
WAHYUNI I. LAMAKA. 2017. ..."Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Interaksi Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo, Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd, dan Pembimbing II Meiske Puluhulawa S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dihadapi oleh siswa di SMP Negeri 1 Gorontalo adalah rendahnya interaksi sosial siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap interaksi sosial siswa SMP Negeri 1 Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain one group pre-test and post-test design. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (bimbingan kelompok) dan variabel Y (interaksi sosial) siswa. Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Gorontalo. Anggota sampel adalah siswa SMP Negeri 1 Gorontalo kelas VII dengan jumlah 15 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah test (angket). Angket yang disebarkan sebanyak dua kali yakni sebelum pemberian treatment dan sesudah pemberian treatment. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dan diuji menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan dari tabel distribusi t untuk = 0.05 dan dk n1 + n2 " 2 = 28 diperoleh t-tabel = (1/2 0,05; 15 + 15 " 2) = (0.025 ; 28) = -2,368 dan t-hitung = -3,0914. karena 3,0914 > 2,368 atau t-hitung> t-tabel maka H0 ditolak. Ini berarti menerima H1 yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok terhadap interaksi sosial siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo, sebelum pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan Interaksi Sosial siswa SMP Negeri 1 Gorontalo. Dengan demikian, bimbingan kelompok dapat diterapkan untuk meningkatkan harga Interaksi Sosial Siswa SMP.
Kata kunci : Bimbingan kelompok, Interaksi Sosial Siswa.
Download berkas