Penulis / NIM
PUJI RAHAYU / 111413040
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
Puji Rahayu. 2017. "Analisis Faktor-faktor Mempengaruhi Keterbukaan Diri Dalam Mengikuti Layanan Bimbingan dan Konseling Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone bolango. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra.Hj. Maryam Rahim, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Meiske Puluhulawa, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi keterbukaan diri dalam mengikuti layanan bimbingan dan konseling pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keterbukaan diri dalam mengikuti layanan bimbingan dan konseling pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan anggota populasi sejumlah 419 siswa, yang dijadikan anggota sampel sebanyak 35% atau 42 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, data dianalisis dengan menggunakan analisis persentase.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keterbukaan diri mengikuti layanan bimbingan dan konseling siswa kelas XI SMK Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango dengan menunjukkan persentase (1) Indikator Budaya memperoleh hasil persentase sebesar 43.91%, (2) gender memperoleh hasil persentase sebesar 52.71% (3) besar kelompok memperoleh hasil persentase sebesar 53.86% (4) perasaan menyukai dan mempercayai memperoleh hasil persentase sebesar 60.71% (5) kepribadian memperoleh hasil persentase sebesar 60.50% (6) usia memperoleh hasil persentase sebesar 54.16%.
Kata Kunci : Faktor-faktor Keterbukaan diri Siswa
Download berkas