Penulis / NIM
WIWIK PRATIWI ARIEF / 111413042
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
SALIM KOROMPOT, S.Pd, M.Pd / 0011117706
Abstrak
ABSTRAK
Arief, Wiwik, Pratiwi. 2017. Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling Sosial Sebagai Media Bimbingan dan Konseling (Penelitian di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II: Salim Korompot, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi awal pemberian layanan bimbingan dan konseling sosial di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan bagaimana bentuk modul bimbingan dan konseling sosial yang dapat digunakan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling sosial di Sekolah Menengah Atas (SMA). Tujuan Pengembangan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kondisi awal layanan bimbingan dan konseling sosial di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan mengembangkan bentuk modul bimbingan dan konseling sosial yang dapat digunakan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling sosial di Sekolah Menengah Atas (SMA).
Pemberian layanan bimbingan dan konseling sosial di SMA Negeri 1 Telaga Biru masih sangat kurang dilaksanakan, guru bimbingan dan konseling mengungkapkan bahwa hal ini dikarenakan tidak adanya media layanan bimbingan dan konseling sebagai penunjang dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling khususnya pada bidang sosial, sehingga hal ini berdampak pada hubungan sosial siswa yang diperoleh berdasarkan hasil need assesment cenderung kurang dapat berinteraksi sosial dengan baik. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengembangkan modul bimbingan dan konseling sosial menggunakan 9 (sembilan) dari 10 (sepuluh) langkah pengembangan menurut Dick and Carey (2009). Untuk memperoleh kelayakan terhadap modul, dilakukan uji validasi ahli bimbingan dan konseling dan teknologi pendidikan dengan cara mengelompokkan informasi dari data kualitatif berupa kritik, saran, komentar maupun masukan. Uji kelayakan ahli bimbingan dan konseling diperoleh hasil bahwa modul bimbingan dan konseling sosial "layak dengan beberapa bagian yang telah direvisi yakni cover, tujuan dan sasaran penulisan modul serta rujukkan peraturan / landasan kurikulum yang digunakan dalam modul. Dan uji kelayakan ahli teknologi pendidikan diperoleh hasil bahwa modul bimbingan dan konseling sosial "layak dengan beberapa bagian yang telah direvisi yakni font pada cover, letak kalimat pada cover, dan gambar pada modul dan margin.
Penelitian ini menghasilkan modul bimbingan dan konseling sosial yang terdiri dari 4 (empat) pembahasan sub modul yaitu modul 1 (satu) karakteristik siswa SMA, modul 2 (dua) landasan bimbingan dan konseling di SMA, modul 3 (tiga) bimbingan dan konseling sosial di SMA, modul 4 (empat) materi interaksi sosial siswa SMA.
Kata kunci : Modul, Bimbingan konseling Sosial, Interaksi Sosial.
Download berkas