SKRIPSI

Penulis / NIM
FADEL AL IDRUS / 111413055
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
Fadel Al Idrus. 2018. Hubungan Antara kebermaknaan Hidup dengan penyesuain diri siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II Irvan Usman, S.Psi, M.Si. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya penyesuain diri yang ditunjukan oleh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo yang dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu faktor kebrmaknaan hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan Hubungan Antara kebermaknaan Hidup dengan penyesuain diri siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (kebermaknaan hiudp) dan variabel Y (penyesuain diri ). Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, teknik analisis data yang digunakan ialah product Moment dan regresi Linieritas yang terdiri dari uji validitas dan realibilitas data, uji normalitas dan uji hipotesis. Adapun jumlah populasi pada penelitian ini berjumlah 211 orang, sampel 53 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebermaknaan hidup dengan penyesuain diri siswa di SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo, yang ditunjukan dengan persamaan regresiY =67,103+0,3044 yang telah teruji keberartiannya pada = 0.05. persamaan ini mengandung makna bahwa setiap perubahan peningkatan pada satu satuan pada variabel X (kebermaknaan hidup) maka akan diikuti peningkatan pada variabel Y (penyesuain diri). Jadi semakin baik kebermaknaan hidup maka semakin meningkat pula penyesuain diri siswa. Regresi antara kebermaknaan hidup dengan penyesuain diri siswa berbentuk regresi linier. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hubungan antara variabel X kebermaknaan hidup dengan variabel Y penyesuaian diri peroleh keofisien korelasi r =0,282 dengan koefisien determinasi r2 =0,0796. Ini berarti bahwa 7,96% yang terjadi pada penyesuaian diri dipengaruhi oleh kebermaknaan hidup, sedangkan sisanya 92.04 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak didesain dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yaitu "Terdapat hubungan antara kebermaknaan hidup siswa (X) dengan penyesuaian diri (Y) di SMP Negeri 2 limboto Kabupeten Gorontalo dapat diterima. Kata Kunci : Kebermaknaan Hidup, Penyesuaian Diri
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011