SKRIPSI

Penulis / NIM
IRMAWATI PALALOI / 111413063
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL KADIR HUSAIN, M.Pd, Kons / 0016115606
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKMA NURILAWATI BOTUTIHE, M.Psi / 0017107302
Abstrak
ABSTRAK Irmawati Palaloi. 2018. Hubungan Antara Iklim Sekolah dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Abd Kadir Husain, M.Pd, Kons dan Pembimbing II Dr. Sukma Nurilawati Botutihe, S.Psi, M.Psi, Psikolog. Masalah penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara iklim sekolah dengan motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (iklim sekolah) dan variabel Y (motivasi belajar siswa). Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis corelational dengan menggunakan product Moment corelational. Adapun jumlah populasi pada penelitian ini berjumlah 150 siswa, sedangkan sampel ditetapkan 38 siswa secara Random. Hipotesis penelitian yaitu ..." Terdapat hubungan antara iklim sekolah (X) dengan motivasi belajar siswa (Y) kelas X SMK Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi sebesar = 0,26. Dari hasil ini menunjukkan korelasi yang rendah. Koefisien determinasinya adalah 0,067, yang berarti bahwa ada 6,7% variasi yang terjadi pada variabel Y (Motivasi Belajar Siswa) dapat diterangkan oleh iklim sekolah dengan persamaan regresi: ...= 46,97 + (0,20)X sedangkan sisanya sebesar 93,3% motivasi belajar siswa dapat ditentukan oleh faktor lain yang tidak terdesain dalam penelitian ini. Hasil perhitungan uji keberartian koefisien korelasi menghasilkan thitung sebesar 1,61 yang lebih kecil dari tdaftar 2,4, hal ini bahwa koefisien korelasinya tidak signifikan. Kesimpulannya antara iklim sekolah dengan motivasi belajar siswa ada hubungan/korelasi walaupun hubungannya tidan signifikan. Kata Kunci : Iklim Sekolah, Motivasi Belajar.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011