Penulis / NIM
EKA PRATIWI PAPUTUNGAN / 111413066
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
Eka Pratiwi Paputungan. 2017. Hubungan Antara kecerdasan interpersonal siswa dengan pola asuh orang tua Kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II Meiske Puluhulawa M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kecerdasan interpersonal yang ditunjukan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango yang dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu faktor pola asuh orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan kecerdasan interpersonal siswa dengan pola asuh orang tua kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (pola asuh orang tua) dan variabel Y (Kecerdasan interpersonal).
Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, teknik analisis data yang digunakan ialah product Moment dan regresi Linieritas yang terdiri dari uji validitas dan realibilitas data, uji normalitas dan uji hipotesis. Adapun jumlah populasi pada penelitian ini berjumlah 211 orang, sampel 53 orang dengan menggunakan teknik random sampling.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan interpersonal siswa di SMP Negeri 1 Kabila Kabuptaen Bone Bolango, yang ditunjukan dengan persamaan regresi Y =74,24+0,2476X yang telah teruji keberartiannya pada = 0.05. persamaan ini mengandung makna bahwa setiap perubahan peningkatan pada satu satuan pada variabel X (pola asuh orang tua) maka akan diikuti peningkatan pada variabel Y (kecerdasan Interpersonal). Jadi semakin baik pola asuh orang tua maka semakin meningkat pula kecerdasan interpersonal siswa. Regresi antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan interpersonal siswa berbentuk regresi linier.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hubungan antara variabel X pola asuh orang tua dengan variabel Y kecerdasan interpersonal diperoleh keofisien korelasi r =0.0791 dengan koefisien determinasi r2 =0.0062. Ini berarti bahwa 0,62 % yang terjadi pada kecerdasan interpersonal dipengaruhi oleh pola asuh orang tua, sedangkan sisanya 99.38 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak didesain dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yaitu "Terdapat hubungan antara kecerdasan interpersonal siswa (Y) dengan pola asuh orang tua (X) di SMP Negeri 1 Kabila Kabupeten Bone Bolango dapat diterima.
Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Kecerdasan Interpersonal.
Download berkas