Penulis / NIM
FAJRIA SANTI SANGAJI / 111413067
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
Fajria Santi Sangadji. 2017. ..."Deskripsi Penyesuaian Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango.Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj Rena L.Madina,M.Pd dan Pembimbing II Meiske Puluhulawa,S.Pd,M.Pd
Penelitian ini dilatar belakangi oleh gejala yang terjadi di SMA Negeri 1 Kabila yakni tentang penyesuaian diri siswa kelas X, yang ditandai oleh: siswa kurang mampu menerima keadaan diri, belum mampu mengontrol emosi, kurang pergaulan antara siswa yang satu dengan yang lain, belum mampu mengambil pelajaran dari pengalamannya, dan kurang memanfaatkan waktu luang untuk belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui penyesuaian diri siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabila.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yaitu mengkaji penyesuaian diri siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan anggota populasi sejumlah 343 siswa yang terdiri dari jurusan IPA 171 dan IPS 172, dan yang di jadikan anggota sampel sebanyak 20% atau 69 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, data dianalisis dengan menggunakan analisis persentase.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa penyesuaian diri siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango meliputi 7 Indikator (1) Pengamatan yang realistis sebesar 45,30%, (2) Menghargai pengalamannya sebesar 44,93%, (3) Mampu dalam belajar sebesar 47,83%, (4) Hubungan sosial yang baik sebesar 38,84%, (5) Pengalaman emosional sebesar 40,96%, (6) Self sebesar 47,40%, (7) Penyesuaian diri sebagai konsep diri sebesar 44,80%.
Kata kunci: Penyesuaian Diri Siswa
Download berkas