Penulis / NIM
SADIK SUMAILA / 111413073
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
SALIM KOROMPOT, S.Pd, M.Pd / 0011117706
Abstrak
ABSTRAK
Sadik Sumaila. 2017. Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Menyontek Siswa Kelas VIII-7 Di SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Wenny Hulukati M.Pd dan Pembimbing II Salim Korompot S.Pd. M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh gejala yang terjadi di SMP Negeri 2 Limboto yakni tentang perilaku menyontek siswa kelas VIII-7, yang ditandai oleh: siswa yang menyontek pada saat ujian berlangsung, kedapatan melihat buku catatan pada saat pelaksanaan ujian berlangsung, saling bekerja sama mencocokkan jawaban sesama anggota kelompok saat ujian, menulis jawaban ditangan dan di kertas kecil yang disembunyikan disepatu dan di kaos kaki pada saat ujian, menyimpan buku catatan dilaci meja kelas saat ujian Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku menyontek siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain "one group pre-test and post-test design. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Bimbingan Kelompok) dan variabel Y (Perilaku Menyontek) siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Limboto. Perlakuan diberikan 8 kali terhadap siswa kelas VIII-7 yang berjumlah 15 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu teknik sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data berupa teknik angket yang berfungsi sebagai pre-test dan post-test.
Uji hipotesis menggunakan uji t yang menghasilkan harga thitung = 22,43 sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf 5% diperoleh ttabel = t0,05 (28)= 2,48 artinya thitung > tdaftar . Dalam hal ini ada perbedaan skor rata-rata pre-test dan skor rata- rata post-test, dimana skor rata-rata post-test lebih tinggi dari skor rata-rata pre-test. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi "terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku menyontek siswa kelas VIII-7 di SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo, dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap perilaku menyontek siswa kelas VIII-7 di SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo.
Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Perilaku Menyontek .
Download berkas