Penulis / NIM
YAHYA ABDULLAH / 111413080
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL KADIR HUSAIN, M.Pd, Kons / 0016115606
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK
Yahya Abdullah. 2018. Nim 111 413 080. Kontribusi Keterlibatan dalam Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Abd. Kadir Husain, M.Pd, Kons., dan Pembimbing II Irvan Usman, S.Psi, M.Si.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya variasi prestasi belajar mahasiswa dalam keaktifan mengikuti kegiatan organisasi kemahasiswaan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan keterlibatan dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (kontribusi keterlibatan mahasiswa dalam organisasi kemahasiswaan) dan variabel Y (prestasi belajar).
Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan studi dokumen, teknik analisis data yang digunakan ialah uji regresi dan korelasi sederhana. Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan, sampel berjumlah 60 orang dengan menggunakan teknik random sampling.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kontribusi keterlibatan dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Ditunjukan dengan persamaan regresi Y =63,896+0,2278, yang telah teruji keberartianya. Persamaan ini mengandung makna bahwa setiap perubahan peningkatan pada satu satuan skor pada variabel X akan di ikuti oleh peningkatan skor varaiabel Y. Jadi semakin baik keterlibatan dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan maka semakin meningkat pula prestasi belajar mahasiswa.
Uji korelasi antara keterlibatan dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan (X) dan Prestasi Belajar (Y) di peroleh koefisien korelasi r = 0,359 dengan koefisien determinasi r2 = 0,129 ini berarti bahwa 12,9% yang terjadi pada prestasi belajar mahasiswa di pengaruhi oleh kontribusi keterlibatan dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis yang telah di lakukan dalam penelitian ini maka dapat di simpulkan bahwa hipotesis penelitian yaitu ..."terdapat hubungan antara keterlibatan dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan (X) dengan prestasi belajar mahasiswa (Y) di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dapat diterima.
Kata kunci: Kontribusi Keterlibatan dalam Organisasi, Prestasi Belajar
ABSTRACK
Yahya Abdullah. 2018. Studens ID Number 111 413 180. Involvement Contribution of Students Organizational Activities toward Students Learning Achievement, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Skripsi. Departement of Gudiance and Counseling. Faculty of Education. State University of Gorontalo. The principal supervisor is Dr. Abd. Kadir Husain, M.Pd, Kons., and the co-supervisor is Irvan Usman, S.Psi, M.Si.
This research is driven by the variation of students learning achievement in participating in students organizational activities in Faculty of Education. State University of Gorontalo. This research aims to find out to what extent the involvement relationship of students organizational activities toward students learning achievement in faculty of education , State University of Gorontalo. This is correlation research consisting of two variables: variable X (students involvement contribution in students organization) and variable Y (learning achievement).
This instrument of data collection is questionnaire and document, the the technique of data analysis is regression analysis and simple correlation. The population is the entire members of the student association in Faculty of Education. The samples are 60 students collected with the use of random sampling.
Based on the result, it can be concluded that there is a positive and significant relationship between involvement contribution of students organizational activities toward students learning achievement in faculty of education. State University of Gorontalo. It is shown by the regression equation ©= 63,896 + 0,2278, in which the significance level has been tested. This equation defines that every increase in one score unit on variable X will be followed by the increase of score in variable Y. The better the involvement in students organizational activities, the more increasing students learning achievement.
The correlation tes between the involvement in students organizational activities (X) and learning achievement (Y) obtains correlation coefficient r= 0,359 with determination coefficient r= 0,129, which means that 12,9% of students learning achievement is influenced by involvement contribution in students organizational activities. Based on the analysis result and hypothesis test, it can be concluded that the research hypothesis ..."there is a relationship beetwen involvement in a student can be verified.
Keywords: Involvement Contribution in Organization, Leraning Achievement
Download berkas