Penulis / NIM
ISKANDAR I. PONTOH / 111413083
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
SALIM KOROMPOT, S.Pd, M.Pd / 0011117706
Abstrak
ABSTRAK
Iskandar Pontoh. 2020. Hubungan Self Leadership dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Maryam Rahim, M.Pd dan Pembimbing II Salim Korompot, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self leadership dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango dengan menggunakan metode penelitian korelasi yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (self leadership) dan variabel Y (prestasi belajar siswa) yang menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 200 siswa dengan sampel sebanyak 50 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara self leadership dan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango dengan persamaan ƒ...‚= 82,85 + 0,014x yang telah teruji keberartianya pada taraf nyata 5%. Persamaan ini mengandung makna bahwa setiap perubahan/peningkatan pada satu satuan pada variabel X (self leadership) maka akan diikuti pada peningkatan variabel Y (prestasi belajar siswa). Jika semakin tinggi tingkat self leadership siswa maka kecenderungan siswa untuk memiliki prestasi sangat tinggi.
Kata Kunci : Self Leadership, Prestasi Belajar, dan Siswa.
Download berkas