Penulis / NIM
ZEIN LOLONTO / 111414002
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
ZEIN LOLONTO : 2018. Hubungan Antara Interaksi Sosial Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra, Rena Madina, M.Pd dan Pembimbing II Murhima A. Kau, S.Psi, Msi, Psikolog
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango tentang interaksi sosial, dengan prestasi belajar denagn tujuan untuk memperoleh gambaran tentang hubungan interaksi sosial dengan prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi dan korelasi. Anggota populasi pada penelitian ini berjumlah 240 orang, sampel yang diambil 21% dengan jumlah 50 siswa dan menggunakan teknik Random Sampling.
Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan terdapat hubungan yang positif antara interaksi sosial dengan keterampilan prestasi belajar. Hal tersebut dapat dilihat pada perhitungan korelasi adalah a=18,59 dan b=0,622, dengan demikian maka bentuk persamaan regresi linear sederhana diperoleh Y =18,59+0,622X. Sehingga dapat disimpulkan variabel X (interaksi sosial) diikuti variabel Y (prestasi belajar siswa). Kemudian dari hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh r = 0,679 dengan koefisien determinasi r2 = 0,461. Uji signifikan koefisien korelasi memperoleh hasil perhitungan diperoleh harga t hitung sebesar =6,401. Sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t(1,684) (1-50) = 1,684. Ternyata harga t hitung lebih besar dari t daftar, atau harga thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara interaksi sosial dengan prestasi belajar siswa
Kata Kunci: Interaksi Sosial, Prestasi Belajar Siswa
Download berkas