Penulis / NIM
RAYHAN DAUHI / 111414007
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
Rayhan Dauhi, 2018. Deskripsi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dra. Rena Madina, M.Pd, (II) Meiske Puluhulawa, S.Pd.,M.Pd.
Penelitianini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang membahas tentang Deskripsi faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Gorontalo. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase.
Hasilpenelitianmenunjukanbahwafaktor internal yang berpengaruh terhadap kesulitan belajar siswa meliputi kognitif dengan total nilai 969, faktor afektif dengan total nilai berjumlah 652 dan faktor psikomotorik dengan jumlah nilai 940.Faktor eksternal yang berpengaruh terhadap kesulitan belajar siswa meliputi lingkungan keluarga dengan total nilai berjumlah 953, lingkungan masyarakat dengan total nilai berjumlah 758 dan lingkungan sekolah dengan total nilai berjumlah 836.Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri3 Kota Gorontalo paling tinggi adalah faktor kognitif yakni berjumlah 969 orang (50,79%). Sedangkan yang paling rendah adalah faktor afektif yakni berjumlah 652 orang (32,73%).
Kata kunci: Kesulitan Belajar
Download berkas