Penulis / NIM
NINGSI IBRAHIM / 111414008
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
SALIM KOROMPOT, S.Pd, M.Pd / 0011117706
Abstrak
Ningsi Ibrahim. 2018. Perbedaan Disiplin Belajar Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Abd.Kadir Husain, M.Pd, Kons dan Pembimbing II Salim Korompot, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan antara pola asuh orang tua dengan disiplin belajar pada siswa SMP Negeri 3 Kota Gorontalo?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan antara pola asuh orang tua dengan disiplin belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian uji perbedaan dua rata-rata. Penelitian ini terdiri dari dua variable yaitu variabel X (pola asuh orang tua) dan variabel Y (disiplin belajar siswa) dengan anggota populasi sejumlah 187 siswa, yang dijadikan anggota sampel sebanyak 100 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi sebagai pelengkap.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh terdapat perbedaan antara disiplin belajar siswa dilihat dari orang tuanya otoriter dan demokratis, dengan harga t sebesar -2,95. Terdapat perbedaan antara disiplin belajar siswa dilihat dari orang tuanya otoriter dan permisif, dengan harga t sebesar 3,55. Terdapat perbedaan antara disiplin belajar siswa dilihat dari orang tuanya otoriter dan penelantar, dengan harga t sebesar 2,78. Terdapat perbedaan antara disiplin belajar siswa dilihat dari orang tuanya demokratis dan permisif, dengan harga t sebesar 6,28. Terdapat perbedaan antara disiplin belajar siswa dilihat dari orang tuanya demokratis dan penelantar, dengan harga t sebesar -5,28. Terdapat perbedaan antara disiplin belajar siswa dilihat dari orang tuanya demokratis dan penelantar, dengan harga t sebesar -0,59. Dengan nilai rata-rata disiplin belajar sebesar 64,2. Dengan demikian disiplin belajar subjek dengan pola asuh permisif lebih tinggi dibandingkan pola asuh otoriter, demokratis, dan pola asuh penelantar. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis maka disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi âTerdapat perbedaan disiplin belajar ditinjau dari pola asuh orangtua siswa pada kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Gorontalo dapat diterimaâ.
Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Disiplin Belajar Siswa
Download berkas