Penulis / NIM
WIRNAWATI IBRAHIM / 111414010
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK
WIRNAWATI IBRAHIM. "Pengaruh Konseling Kelompok Dalam Mengatasi Bullying Siswa di Kelas VIII MTS Negeri 1 Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dra. Rena Madina, M.Pd selaku pembimbing I dan Irvan Usman, S.Psi, M.SI selaku pembimbing II.
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah dalam mengatasi perilaku bullying siswa di MTS Negeri 1 Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, pengaruh konseling kelompok dalam mengatsi bullying siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTS Negeri 1 Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 305 orang siswa. Anggota sampel sebanyak 15 orang siswa yang di tetapkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen angket sebagai teknik utama. Analisis dilakukan dengan teknik uji t.
Berdasarkan analisis data diperoleh harga t sebesar 15,55, sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t0,975 (28)=2,05. Ternyata harga t-hitung(15,55)> t-daftar (2,05) atau thitung berada diluar daerah penerimaan H0,sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh pelaksanaan layanan konseling kelompok dalam mengatsi perilaku bullying siswa di MTS Negeri 1 Kabupaten Gorontalo. Disarankan guru bimbingan konseling menerapkan konseling kelompok dalam mengatasi masalah yang terkait dengan perilaku bullying.
Kata Kunci: konseling Kelompok, bullying siswa
Download berkas