SKRIPSI

Penulis / NIM
YERNI SULEMAN / 111414014
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL KADIR HUSAIN, M.Pd, Kons / 0016115606
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKMA NURILAWATI BOTUTIHE, M.Psi / 0017107302
Abstrak
Suleman, Yerni. 2018. Pengembangan Modul Percaya Diri Sebagai Media Bimbingan dan Konseling di MTS Negeri 1 Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Abd. Kadir Husain, M.Pd, Kons dan Pembimbing II: Dr. Sukma. N. Botutihe, S.Psi, M.Psi, Psikologi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi awal layanan bimbingan dan konseling pribadi khususnya percaya diri di MTS Negeri 1 Kabupaten Gorontalo dan bagaimana bentuk modul bimbingan dan konseling yang dapat meningkatkan percaya diri siswa di MTS Negeri 1 Kabupaten Gorontalo. Tujuan Pengembangan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kondisi awal pemberian layanan bimbangan dan konseling pribadi khususnya tentang percaya diri di MTS Negeri 1 Kabupaten Gorontalo dan mengembangkan bentuk modul bimbingan dan konseling yang dapat meningkatkan percaya diri siswa di MTS Negeri 1 Kabupaten Gorontalo. Pemberian layanan bimbingan dan konseling pribadi khususnya percaya diri di MTS Negeri 1 Kabupaten Gorontalo masih sangat kurang dilaksanakan, guru bimbingan dan konseling mengungkapkan bahwa hal ini dikarenakan tidak ada media layanan bimbingan dan konseling sebagai penunjang dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling pribadi khususnya materi percaya diri, sehingga hal ini berdampak pada prestasi belajar siswa yang diperoleh berdasarkan hasil survey kurangnya kepercayaan diri siswa. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengembangkan modul percaya diri dengan menggunakan 9 (sembilan) dari 10 (sepuluh) langkah pengembangan menurut Dick and Carey (2009). Untuk memperoleh kelayakan modul, dilakukan uji validasi ahli bimbingan dan konseling, ahli desain/media, dan ahli bahasa Indonesia dengan cara mengelompokkan informasi data kualitatif berupa kritik, saran, komentar maupun masukan. Penelitian ini menghasilkan modul percaya diri yang terdiri dari 4 (empat) pembahasan bagian modul yaitu bab 1 (satu) Pendahuan, bab 2 (dua) layanan bimbingan dan konseling di SMP, bab 3 (tiga) Hakekat percaya diri siswa di SMP dan bab 4 (empat) kegiatan layanan (kegiatan layanan 1, kegiatan layanan 2, kegiatan layanan 3 dan kegiatan layanan 4). Kata kunci : Modul, Bimbingan dan Konseling, percaya diri.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011