Penulis / NIM
NURHAYATI RAM SUUDI / 111414021
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
NURHAYATI RAM SUUDI. 2018. Nim: 111 414 021. Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila.Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Rena Madina, M.Pd dan Pembimbing II Irpan A. Kasan, S.Ag M.Pd.
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah rendahnya disiplin belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kabila.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok terhadap disiplin belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain penelitian ..."one group prettest-posttest design.Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Konseling Kelompok) dan variabel Y (Disiplin Belajar). Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Kabila yang berjumlah 240 orang, dengan anggota sampel 12 orang (menggunakan purposive sampling atau pengambilan sampel yang didasarkan atas pertimbangan-pertimbangan tertentu dari peneliti). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah test (angket) yang digunakan untuk pre-test dan post-test. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t.
Dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung sebesar20,62, sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t0,975(22)=1,72.Hal ini berarti bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh konseling kelompok terhadap disiplin belajar di SMP Negeri 1 Kabila dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui konseling kelompok disiplin belajar siswa SMP Negeri 1 Kabila meningkat.
Kata Kunci : Konseling Kelompok, Disiplin Belajar
Download berkas