Penulis / NIM
						ZULFITRI A. DAMPAL / 111414026
						Program Studi
						S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
						Pembimbing 1 / NIDN
						Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
						Pembimbing 2 / NIDN
						Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
						Abstrak
						ABSTRAK
ZULFITRI A. DAMPAL."Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Modelling Symbolic Terhadap Disiplin Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Gorontalo Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dra. Tuti Wantu, M.Pd, Kons selaku pembimbing I dan Dra. Mardia Bin Smith, S.Pd.M.Si  selaku pembimbing II.
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah rendahnya sikap disiplin diri siswa di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo dengan menggunakan konseling  kelompok teknik modelling symbolic. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, pengaruh konseling kelompok teknik modelling symbolic terhadap sikap disiplin diri siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Gorontalo yang berjumlah 180 orang siswa. Anggota sampel sebanyak 15 orang siswa yang di tetapkan teknik purpose sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen angket sebagai teknik utama. Analisis dilakukan dengan teknik uji t. 
Berdasarkan analisis data diperoleh harga t sebesar 10,81, sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t0,975 (28)=2,05. Ternyata harga t-hitung (10,81)> t-daftar (2,05) atau thitung berada diluar daerah penerimaan H0,sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh pelaksanaan layanan konseling kelompok teknik modelling symbolic terhadap disiplin diri siswa di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo. Disarankan guru bimbingan konseling menerapkan konseling kelompok dalam menangani masalah yang terkait disiplin diri siswa.
Kata Kunci: Konseling Kelompok, Teknik Modelling Symbolic, Disiplin Diri
						Download berkas