Penulis / NIM
M. RIZAL HI M. ADAM / 111414030
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
SALIM KOROMPOT, S.Pd, M.Pd / 0011117706
Abstrak
ABSTRAK
M. Rizal Hi M Adam. 2018. "Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dari Keluarga Broken Home Di SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dra. Hj Rena Madina, M.Pd selaku pembimbing I dan Salim Korompot, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh konseling kelompok terhadap motivasi belajar siswa dari keluarga broken home di SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, pegaruh konseling kelompok terhadap motivasi belajar siswa dari keluarga broken home.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 1.109 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah secara purposive random sampling yang dijadikan anggota sampel sebanyak 12 orang siswa. Teknik untuk pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen angket sebagai teknik utama.n
Berdasarkan analisis data diperoleh harga t sebesar 30,02, sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5 % diperoleh t0,975 (12-1=11)=2,20, ternyata harga t-hitung (30,02)>t-daftar 2,20) atau thitung berada diluar penerimaan H0, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan meneima H1, Hal ini menunjukakan bahwa motivasi belajar siswa dari keluarga broken home di SMK Negeri 1 Limboto, Kabupaten Gorontalo, memiliki pengurangan setelah diberikan 8 kali treatment, artinya hasil dari konseling kelompok memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa dari keluarga broken home di SMK Negeri 1 Limboto, Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa Dari Keluarga Broken Home
Download berkas