Penulis / NIM
DEYIS S. TANGIO / 111414052
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
Deyis S. Tangio 2018. Nim: 111 414 052. Pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas IX-1 SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II Irvan Usman, S.Psi, M.Si.
Permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah rendahnya konsentrasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah Pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas IX-1 SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo.
Pelaksanaan penelitian ini menggunakan eksperimen semu yang menggunakan "one group pre-test and post-test design. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (bimbingan klasikal) dan variabel Y (konsentrasi belajar siswa). Perlakuan diberikan 8 kali terhadap siswa kelas IX-1 yang berjumlah 24 orang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IX-1 SMP Negeri 2 Limboto yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Total sampling adalah teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Teknik pengumpulan data berupa teknik angket yang berfungsi sebagai pre-test dan post-test. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dan diuji hipotesis menggunakan Uji t.
Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = sebesar 29,223. Sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% Diperoleh t (dk = n + n - 2 = 24 + 24 " 2 = 46) = 1,684. artinya thitung > tdaftar. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi "Terdapat pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas IX-1 SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo, dapat diterima. Maka untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa, hendaknya digunakan layanan bimbingan klasikal.
Kata kunci: Bimbingan Klasikal, Konsentrasi Belajar Siswa
Download berkas