Penulis / NIM
HADIJAH N. ALI / 111414057
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL KADIR HUSAIN, M.Pd, Kons / 0016115606
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK
HADIJAH N. ALI. 2018. Nim: 111 414 057. Pengaruh Konseling Kelompok Behavioral Terhadap Perilaku Empati Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Abd Kadir Husain, M.Pd, Kons dan Pembimbing II Irvan Usman, S.Psi, M.Si.
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah rendahnya perilaku empati siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok behavioral terhadap perilaku empati siswa.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan ..."one group pre-test and post-test design. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Konseling kelompok behavioral) dan variabel Y (Perilaku empati siswa). Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket yang disebarkan sebanyak dua kali sebelum dan sesudah pemberian treatmen. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji t.
Berdasarkan analisis data yang telah dilaksanakan, menunjukkan adanya perubahan pada perilaku empati siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kabupaten Gorontalo setelah memperoleh layanan konseling kelompok behavioral. Hal ini dilihat dari hasil analisis data penelitian, diketahui rata-rata tingkat perilaku empati siswa sebelum memperoleh layanan konseling kelompok behavioral sebesar 124,00 dan setelah memperoleh layanan menjadi 156,92. Artinya setelah diberi treatmen terdapat peningkatan perilaku empati pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kabupaten Gorontalo .
Dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung sebesar 34,44. Sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t0,975(22)= 1,72. Ternyata harga thitung telah berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang berbunyi ..."Terdapat Pengaruh Konseling Kelompok Behavioral Terhadap Perilaku Empati Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Kabupaten Gorontalo dapat diterima.
Kata kunci: Konseling Kelompok, Pendekatan Behavioral, Empati Siswa
Download berkas