Penulis / NIM
DHEA ARYSTHA SIMBALA / 111414073
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL KADIR HUSAIN, M.Pd, Kons / 0016115606
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKMA NURILAWATI BOTUTIHE, M.Psi / 0017107302
Abstrak
ABSTRAK
Dhea Arystha Simbala. 2018. Pengaruh Bimbingan Kelompok Tugas Terhadap Kemampuan Komunikasi Antarpribadi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Abd Kadir Husain, M.Pd, Kons dan Pembimbing II Dr. Sukma N. Botutihe, S.Psi, M.Psi, Psikolog.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh gejala yang terjadi di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo yakni tentang rendahnya kemampuan komunikasi antarpribadi pada siswa kelas VIII. Adapun tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok tugas terhadap kemampuan komunikasi antarpribadi pada siswa.
Dari hasil penelitian didapati bahwa pada umumnya kemampuan komunikasi antarpribadi siswa kelas VIII berada pada kategori rendah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian "one group pre-test and post-test design. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Bimbingan Kelompok Tugas) dan variabel Y (Kemampuan Komunikasi Antarpribadi Siswa) Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 391 orang siswa. Penelitian ini diberikan 8 kali treatment pada anggota sampel sebanyak 15 orang siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu teknik sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data berupa teknik angket tentang variabel Y (Kemampuan Komunikasi Antarpribadi Siswa)
Uji hipotesis menggunakan uji t yang menghasilkan harga t sebesar 32,22, sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t0,975 (28) = 2,05. Ternyata harga t-hitung (32,22) > t-daftar (2,05) atau thitung berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh bimbingan kelompok tugas terhadap kemampuan komunikasi antarpribadi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo, dapat diterima. Disarankan guru bimbingan konseling untuk menerapkan bimbingan kelompok tugas dalam menangani masalah yang terkait dengan peningkatan kemampuan komunikasi antarpribadi pada siswa.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok Tugas, Komunikasi Antarpribadi
Download berkas