Penulis / NIM
JURNI WAHLIA H. TAHER / 111415001
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABD. KADIR HUSAIN, M.Pd, Kons / 0016115606
Pembimbing 2 / NIDN
SALIM KOROMPOT, S.Pd, M.Pd / 0011117706
Abstrak
TAHER, JURNI WAHLIA H. 2020. Pengaruh Konseling Kelompok Rational Emotive Behaviour Therapy Terhadap Konsep Diri Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dr. Abd. Kadir Husain, M.Pd, Kons selaku pembimbing I dan Salim Korompot, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah konsep diri yang negatif pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok rational emotive behaviour therapy terhadap konsep diri siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan One-Grup Pretest-postest Design. Variabel bebas yaitu konseling kelompok rational emotive behaviour therapy dan variabel terikat adalah konsep diri siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 8 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji t.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest 102,13 dengan standar deviasi 6,334 dan nilai rata-rata posttest 115,13 dengan standar deviasi 5,842. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel, yaitu 9,929 > 1,90 dalam arti hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh konseling kelompok rational emotive behaviour therapy terhadap konsep diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo, dapat diterima. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh konseling kelompok rational emotive behaviour therapy terhadap konsep diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo¢,
Kata Kunci: Konseling kelompok, rational emotive behaviour therapy, konsep diri.
Download berkas