Penulis / NIM
NURINDRIANI AMERUDIN / 111415011
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL KADIR HUSAIN, M.Pd, Kons / 0016115606
Pembimbing 2 / NIDN
SALIM KOROMPOT, S.Pd, M.Pd / 0011117706
Abstrak
ABSTRAK
AMERUDIN, NURINDRIANI. 2019. ..."Pengaruh Konseling Kelompok Behavioral Terhadap Perilaku Prososial Siswa Di SMP Negeri 5 Kota Gorontalo Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dr. Abd. Kadir Husain, M.Pd, Kons selaku pembimbing I dan Salim Korompot, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah perilaku Prososial siswa yang rendah di SMP Negeri 5 Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, pengaruh konseling kelompok behavioral terhadap perilaku prososial siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental design. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Gorontalo yang berjumlah 12 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen angket sebagai teknik utama. Analisis dilakukan dengan teknik uji t.
Berdasarkan analisis data diperoleh harga t sebesar 3,383 sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t0,95 (11)=1,80. Ternyata harga thitung telah berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh pelaksanaan layanan konseling kelompok behavioral terhadap perilaku prososial siswa di SMP Negeri 5 Kota Gorontalo. Disarankan guru bimbingan dan konseling menerapkan konseling kelompok dalam menangani masalah yang terkait dengan perilaku prososial siswa.
Kata Kunci: Konseling Kelompok, behavioral, perilaku prososial.
Download berkas