Penulis / NIM
LINA ISMAWARDANI / 111415015
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABD. KADIR HUSAIN, M.Pd, Kons / 0016115606
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKMA NURILAWATI BOTUTIHE, M.Psi / 0017107302
Abstrak
ABSTRAK
Ismawardani, Lina. 2020. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Pengendalian Diri Siswa Kelas X di SMK Gotong Royong Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dr. Abd. Kadir Husain M.Pd., Kons dan Dr. Sukma Nurilawati Botutihe, S.Psi, M.Psi, Psi juga selaku sebagai pembimbing I dan pembimbing II.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ¢"Apakah ada pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Pengendalian Diri Siswa Kelas X di SMK Gotong Royong Kabupaten Gorontalo ??¢. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Pengendalian Diri Siswa Kelas X di SMK Gotong Royong Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah Pre-experimental design (nondesigns )dengan rancangan One-Group Pretest-Postest Design. Variabel bebas yaitu bimbingan kelompok dan variabel terikat yaitu pengendalian diri Siswa. Subjek yang digunakan sebanyak 15 yang di tetapkan secara Purposive.
Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest 83,13 dengan standar deviasi bernilai 6.937 dan nilai rata-rata posttest 99,40 dengan standar deviasi bernilai 7.395. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 4.401>1,76 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Pengendalian Diri Siswa Kelas X di SMK Gotong Royong Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Modeling simbolik, Pengendalian Diri
Download berkas