Penulis / NIM
LISDAWATI TUMU / 111415029
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
LisdawatiTumu. 2020. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri02 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling FakultasIlmuPendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Wenny Hulukati. M,Pd dan Pembimbing II Meiske Puluhulawa, S.Pd, M.Pd
Permasalahan yang dihadapi siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Suwawa adalah adanya siswa yang kurang memiliki disiplin dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap disiplin belajar siswa di SMP Negari 02 Suwawa
Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen yang menggunakan desain penelitian "The one group pretest-posttest design. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (bimbingan kelompok) dan variabel Y (disiplin belajar). Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 02 Suwawa, dengan anggota sampel 15 orang (menggunakan purposive sampling atau pengambilan sampel yang didasarkan atas pertimbangan-pertimbangan tertentu dari peneliti). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah test (angket) yang digunakan untuk Pre-Test dan Post-Test. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t.
Dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung sebesar-9.503, sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t0,95 (14)=1,76.Hal ini berarti bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh bimbingan kelompok terhadap disiplin belajar siswa di SMP Negeri 02 Suwawa dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui layanan bimbingan kelompok,disiplin belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Suwawa mengalami peningkatan.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, DisiplinBelajar Siswa
Download berkas