Penulis / NIM
SUKRISNO ABAS / 111415061
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABD. KADIR HUSAIN, M.Pd, Kons / 0016115606
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK
Sukrisno Abas. 2022. Skripsi. Hubungan Keharmonisan Keluarga dengan Motivasi Berprestasi Siswa di SMP Negeri 06 Kota Gorontalo. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Abd Kadir Husain, M.Pd, Kons dan Pembimbing II Irpan A. Kasan, S.Ag, M.Pd.
Penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keharmonisan keluarga dengan motivasi berprestasi siswa di SMP Negeri 06 Kota Gorontalo. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII berjumlah 334 sedangkan pengambilan sampel penelitian dengan teknik random sampling berjumlah 33 siswa. Uji normalitas data dengan SPSS 21, analisis data menggunakan analisis korelasi, regresi sederhana dan koefesien korelasi menggunakan statistika. Berdasarkan analisis statistika korelasional diperoleh nilai rxy =0,49 dan r2xy = 24,01. Uji signifikan korelasi diperoleh thitung sebesar 3,13. Sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5 % diperoleh ttabel 2,042. Ternyata harga thitung lebih besar dari ttabel atau harga thitung berada di luar daerah penerimaan H0. Artinya bahwa koefesien korelasi sangat berarti. Dengan demikian dapat disimpulkan H1 yang berbunyi terdapat hubungan motivasi berprestasi siswa (Y) dengan keharmonisan keluarga (X) siswa kelas VII di SMP Negeri 06 Kota Gorontalo dapat diterima. Untuk itu disarankan: 1) diharapkan kepada pihak kampus, diharapkan penelitian ini dapat memberikan informasi tentang tingkat hubungan antara motivasi berprestasi siswa dan keharmonisan keluarga dan diharapkan jurusan Bimbingan dan Konseling agar dapat memberikan pengenalan yang lebih awal tentang motivasi berprestasi dengan keharmonisan keluarga kepada siswa, 2) Bagi mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling agar dapat mempertahankan dan meningkatkan yang sudah ada pada diri masing-masing, 3) Bagi Siswa diharapkan untuk meningkatkan kesadaran motivasi berprestasi dan meningkatkan keharmonisan kelaurga agar dapat tercapai tujuan hidup yang diharapkan dengan efektif, dan 4) Bagi Sekolah terutama pimpinan instansi atau kepala sekolah dan Guru bimbingan dan konseling, agar dapat mendorong orang tua terkait keharmonisan keluarga serta tujuannya agar dapat meningkatkan perilaku motivasi berprestasi siswa.
Kata kunci: keharmonisan keluarga, motivasi berprestasi siswa
Download berkas