Penulis / NIM
AMALIA MAHMUD / 111415083
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKMA NURILAWATI BOTUTIHE, M.Psi / 0017107302
Pembimbing 2 / NIDN
SALIM KOROMPOT, S.Pd, M.Pd / 0011117706
Abstrak
ABSTRAK
Mahmud, Amalia. 2020. Pengaruh Bimbingan Klasikal Teknik Cinematherapy Dalam Meningkatkan Empati Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dr. Sukma N. Botutihe, S.Psi, M.Psi, Psi dan Salim Korompot S.Pd, M.Pd, juga selaku pembimbing I dan pembimbing II
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚..."Apakah ada pengaruh bimbingan klasikal teknik cinematherapy dalam meningkatkan empati siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango?ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚‚ƒƒ‚. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan klasikal teknik cinematherapy dalam meningktakan empati siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah Pre-experimental design dengan rancangan One-Group Pretest-Postest terkait yaitu meningkatkan empati. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling.
Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest 138.53 dengan standar deviasi 15.067 dan nilai rata-rata posttest 167.53 dengan standar deviasi 16.305. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 6.617 > 2,76. Dapat disimpulkan hipotesis dalam penelitian ini terdapat pengaruh bimbingan klasikal teknik cinematherapy dalam meningkatkan empati siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci :Bimbingan Klasikal, Cinematherapy, Empati
Download berkas