Penulis / NIM
RIYANTI IGIRISA / 111416002
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
SALIM KOROMPOT, S.Pd, M.Pd / 0011117706
Abstrak
Igirisa Riyanti. 2020.Pengaruh Bimbingan Kelompok Tugas Tehnik symbolic modeling Terhadap Disiplin Siswa kelas VIIIA Di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Prof.Dr. Wenny Hulukati, M.Pd dan Salim Korompot, S.Pd, M.Pd, juga selaku sebagai pembimbing I dan pembimbing II
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ƒƒ‚‚ƒ..."Apakah ada pengaruh Bimbingan Kelompok Tugas Tehnik symbolic modeling terhadap disiplin siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango.?ƒƒ‚‚ƒ‚ Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok tugas teknik symbolic modeling terhadap disiplin siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango.Jenis penelitian ini adalah Pre-experimental design dengan rancangan One-Group Pretest-Postest Design.Variabel bebas yaitu bimbingan keompok tugas teknik symbolic modeling dan variabel terikat yaitu disiplin siswa disekolah. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango yang berjumlah 15 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling.
Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest 127,00dan nilai rata-rata posttest 141,40. . Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data dimana diperoleh hargathitungSebesar 11,021 dari daftar distribusi t tarafnyata 0,05diperoleh t0,995 (14)=2,98. Ternyatathitung. Dapat disimpulkan hipotesis dalam penelitian ini bahwa terdapat pengaruh bimbingan kelompok tugas teknik symbolic modeling terhadap disiplin siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango.Dengan demikian hipotesis dapat diterima.
Kata Kunci :BimbinganKelompokTugastekniksymbolic modelling, Disiplinsiswa.
Download berkas